2014-11-13

Sejarah Kota Surabaya - Kota Pahlawan

Sejarah Kota Surabaya merupakan salah satu artikel yang menarik untuk disimak. Kota ini sangat sarat dengan perjuangan bangsa Indonesia sehingga mendapat julukan Kota Pahlawan. Lihat saja saat 10 November, pasti kawan semua pada update di sosial media ngucapi hari Pahlawan. Sebenernya hari pahlawan sendiri ditetepkan saat salah satu pejuang Surabaya yakni Bung Tomo, rela mati demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Itu juga alasan Kota ini disebut dengan Kota Pahlawan.

Kota Surabaya merupaka salah satu Kota Metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Menjadi metropolitan seperti saat Surabaya sebenarnya memiliki sejarah panjang yang hanya bermula dari perkampungan kecil yang treletak di pinggiran sungai atau tepatnya di Muara Kali Mas dengan nama Ujung Galuh. Kampung ini merupaan bagian dari Kerajaan Majapahit

Tepatnya pada 31 Mei 1293 di wilayah ini terjadi pertempuran antara Raden Widjaja daa pasukan tentara Tar Tar. Tanggal ini lah yang kemudia dijadikan sebagai tanggal lahirnya kota Surabaya.

Pada abad ke-15, masuklahpengaruh Islam di wilayah ini. Wali sanga turut mengambil perannya dalam persebaran Islam di Pulau Jawa. Salah satu dari wali sanga yang membangun Islam di Surabaya adalah Sunan Ampel. Akhirnya pada tahun 1530 Ia berhasil menguasai Surabaya melalui Kerajaan Demak yang dibangunnya.

Sayang kejayaan ini semakin tergerus tatkala sering terjadi pemberontakan yang bertubi-tubi yang akhirnya membuat Demak menyerah. Akhirnya Surabaya di kuasai oleh Belanda yang datang pada 11 November 1743.

Surabaya pernah menjadi Ibukota keresidenan Surabaya. Kemudian pada tahun 1905, Surabaya mendapat status Kotamadya (Gemeente). Pada tahun 1926, Surabaya ditetapkan sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur. Sejak itu Surabaya berkembang menjadi kota modern terbesar kedua di Hindia-Belanda setelah Batavia.

Namun pada kahirnya dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Ketika Jepang menyerah, Belanda kembali masuk untuk menguasai Indonesia. Kisah heroik terjadi saat sebanyak 6000 pasukan Inggris-India yaitu Brigade 49, Divisi 23 yang dipimpin Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby mendarat di Surabaya. Mereka juga bertugas mengurus bekas tawanan perang dan memulangkan tentara Jepang. Pasukan Jepang menyerahkan semua senjata mereka, tetapi milisi dan lebih dari 20 ribu pasukan Indonesia menolak.

Puncaknya pada tanggal 10 Nopember 1945, Arek Suroboyo berhasil menduduki Hotel Oranye (sekarang Hotel Mojopahit) yang saat itu menjadi simbol kolonialisme. Pertempuran tanggal 10 November 1945 tersebut hingga sekarang dikenang dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Masih banyak kisah sejarah kota-kota lain di Indonesia yang  memiliki kisah-kisah yang sangat heroik dan memilukan. Ingin tahu semuanya? kunjungi situs kami di www.tintasejarah.com. Selain informasi sejarah kota, anda juga bisa membaca sejarah perang, sejarah penemuan, sejarah tempat, dan masih banyak kisah sejarah lainnya.

Copyright © 2013 Blog Mariadopano: Sejarah Kota Surabaya - Kota Pahlawan | www.bookie7.co